Penyakit Penyebab Jantung Koroner

Dari sekian jenis penyakit jantung, jantung koroner adalah salah satu penyakit jantung yang paling sering di derita. Disebut sebagai penyakit jantung koroner karena pasokan darah menuju jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner.


Sumber Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Sumber utama penyakit ini adalah ateroskelosis yakni penumpukan kolesterol dan substansi lainnya membentuk plak sehingga menghambat laju darah pada pembuluh darah arteri.

Penyakit Penyebab Jantung Koroner

Penyakit seperti Kolesterol dan Diabetes menjadi penyebab dari jantung koroner, karena keduanya meningkatkan munculnya plak pada arteri.

  • Kolesterol LDL atau biasa disebut kolesterol jahat memiliki kecenderungan untuk menempel dan menimbun di arteri koroner.
  • Penderita diabetes memiliki kemungkinan 2 kali lipat lebih tinggi mengidap penyakit jantung koroner. Diduga karena penderita diabetes memiliki lapisan dinding pembuluh darah yang lebih tebal yang dapat mengganggu kelancaran aliran darah ke jantung.
  • Selain itu adanya penggumpalan darah atau trombosis tentunya akan mempersempit pembuluh darah sehingga darah kaya oksigen akan tidak lancar mengalir.
  • Hipertensi pun dapat meningkatkan resiko munculnya jantung koroner, seseorang dikategorikan memiliki tekanan darah tinggi jika memiliki tekanan sistolik pada kisaran 130 mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik 80 mmHg atau lebih.